Kamis, 19 April 2012

Flu Singapore

Dan akhirnya positif juga kau Zaff. :(

Setelah 2 bulan berturut-turut Zaff kena flu batuk pilek, Feb-Mar tepatnya, tertular juga dia ama Flu Singapur. Padahal sebelumnya memang udah lagi booming banget wabah flu ini. Sempet juga lega coz Zaff ga (belum kali) kena. Eh lha ko di akhir Maret kemaren kena juga virus HFMD. Kalo dikalangan para ibu-ibu komplek mah flu singapur. Yaowoh kapan kalee ya ke singapurnya. Heheh. Malah kalo kata miswa mah "mungkin pas kemaren ke bandara ya jemput Eyang Ti" *duh pukpuk jidat sendiri* Bwhahahaha. Bedanya flu yang kedua ama yang pertama ini dia ga doyan makan. Padahal biasanya pas kena flu yang pertama dia masih lahap makannya. Malah ga kelihatan kalo sakit. Baru berasa sakitnya kalo dia udah mule batuk ga berhenti-henti. Nah yang kedua ini, dia bener bener dilepeh makannya sampai saya pusing dibuatnya. Gimana enggak, doyannya cuma minum aer putih. Untunglah sih masih mau minum meskipun awalnya susah.

Namun meski ga doyan makan tetep masih PD ga perlulahh sampai ke dokter (lagi). Ya pengalaman dari flu yang pertama sih. Eeetapi oh tapi punya miswa yang galaooonya super parah "demam dikit udah penginnya ke dokter cuy" yasudahlah meluncur kita ke RSIA Buah Hati Ciputat. Dan ama dokter praktek cuman bilang gejala flu batpil biasa. Wokehlah. Sempet lega. Padahal aku juga bilang "mungkin ga dok flu singapur?" Dan si dokter pun membantah, "enggak ko bu". Baeklahhh, dok. Hanya memang si dokter bilang ada jamur sedikit di sekeliling mulutnya meski ga banyak. Oh that's it kenapa Zaff ga mao makan. Dan ama dokter dibuatlah resep obat :(. Dan tau apa ?? PUYER dong ah. Sebelumnya emang saya sedikit menolak ama puyer ini. Tapi kalo udah miswa yang ngomong langsung deh melemah gue nya. Meski saya tahu pemberian puyer sudah mulai dimusnahkan. Tapi kenapa masih aja ya RS-RS diperbolehkan di perjualbelikan :( 

Akhirnya obatpun tetep diminum dong sesuai dosisnya. Dan perlahan-lahan Zaff mule mau makan. Alhamdulillah. Tapiiiii jangan salah kira-kira 8-10 hari kemudian mule deh muncul gejala aneh dibadannya. Dimana malam sebelumnya dia ga bisa tidur. Badannya selalu digaruk-garuk karena gatal. Tapi gue nya juga ga sadar sih. Cuman mikir ah palingan karena digigit nyamuk. Oh ternyatahhh tidak sodara-sodara. Begitu siang harinya dilihat dittelapak kakinya banyak muncul bintik-bintik merah. Tapi tetep guenya masih stay cool. *emak dodol* Begitu saya laporan ke miswa langsung deh udahh ketebak. Dan langsung capcus ke RS (lagi). Dan juga masih tetep ketemu ama dokter pengganti malah, dokter DSA yang biasa dr. Mutiara sedang dinas luarkota. Dan dengan dokternya kali ini tanpa basa basi, gue keluarin keluhannya dan sambil menunjukkan bintik merah di telapak kakinya, dengan lantang dokternya bilang Flu Singapur. Mewek dong dong. Yasudlah setelah denger itu udah ga pake banyak tanya langsung tebus itu obatnya. Sampai rumah masih syok sih. Ko bisa sih, ko kena juga sih. Banyak pertanyaan muncul tanpa bissa ku jawab sendiri. Tapi pasrah dan yang terngiang cuman Zaff harus cepet sembuh. Udah capek rasanya gegara flu batpil 2 bulan ini seisi rumah pada kena juga saling bergantian termasuk si neng dirumah.

Dan dasarnya emaknya yang kurang banyak ilmunya setelah berangsur-angsur bintik merah Zaff hilang baru deh cari link-link tentang HFMD. Owalah telatt kaleee. Tapi ya gak pa pa lah daripada-daripada. Akhirnya nemu link ini dan ini. sudah sangat lengkap.

Dan kesimpulannya kalo Penyakit HFMD ini ga perlu-perlu amat tergantung ama obat lho. Tapi emang sih kalo yang udah parahh pastinya sangat perlu. Jadi kita sebbagai orangtua memang harus cerdas dan ga hanya tergantung ama dokter banget, selain juga harus banyak baca dan cari tahu segala nya tentang anak. :)


Semoga bermanfaat. *dan jangan panik ya mom*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar