Senin, 23 September 2013

1st Road to Sidimpuan

BadMood melandapun... *but, dibuang sayang*

Alhamdulillah sampai lebaran tahun ini masih dikasih rezeki dan sehat untuk pulang kampung silaturahmi ke keluarga besar suami di Padang Sidimpuan. Sujud syukur kami Ya Allah SWT.

Seneng banget buat gue kalo cerita seputar mudik kami. Gimana enggak. Kita bener bener bisa ngerasain "mudik" yang sesungguhnya. Secara kita anak merantau. Pastilah yang dinanti-nantikan pas lebaran ya pasti mudik. Entah ke Jawa ato ke Sumatra. Alhamdulillah selalu seru dan heboh. Lebaran kali ini kita mudiknya ke Sumatra, Padang Sidimpuan. Yang bikin bedanya kali ini adalah ga pake acara pesawat2 an lho, namun dengan segala perencanaan dan pertimbangan akhirnya memutuskan menggunakan mobil saja. Uhukk..glek..keselek. Hahahah. So bisa dibayangkan bagaimana perjalanan kami dong.... *ato ga bisa bayangin ya.. yasudlah.. ga penting* Xixixixi..

Day 1 : Jum'at, 2 September 2013

So, lets talk 'bout our (long) journey to Sidempuan. Kita berangkat hari jumat, hari terakhir yang pada umumnya sudah mulai suasana para pemudikers *ceilee... bahasanya* Dan seperti perkiraan ternyata sampai jam sekitar 12 malam di Pelabuhan Merak sudah antri menggila. Hiks... pupus sudah harapan ini. Entah pas itu hari puncaknya ato gak. Yang pasti hati ini antara seneng dan bosenn gila nungguin antrian dermaga cuma buat nyeberang doang. Udah gatel rasanya pengin nyemplung kan jadinya. Hahahah. Yawes kita cuma bisa stand by di dalem mobil. Mau turun pun rasanya males. Karena masih suasana puasa, gue dan misua sahur juga lah. Awalnya sih misua gamau. Tapi atas hasutan yang baik dari sang istri alias gue sudahlah Yah dicoba dulu sahur terus puasa. Kan mana tahu mana tahu kuat. Kan alhamdulillah. Gapake acara ganti utang kan... Tapi temen misua gue yang bertindak sebagai sopir memutuskan untuk tidak puasa. Yawes kita aja yang sahur. Untung sudah bawa bekel sahur dari rumah. *piss..*

Setelah menunggu antrian sekitar 6 jam akhirnya dapet juga giliran masuk ke dermaganya. Barisan deretan mobil kita sudah siap2 buat masuk...ealah ujuk-ujuk ternyata petugas pelabuhan memberitahukan informasi kapal sudah penuh. Duh biyung.. males ga sih. Keselnya bikin puyeng. Untung puasa. Yawes disabar2in meski sebelumnya udah berusaha membujuk petugas mobil kita adalah mobil konvoi. Hahahahah. Tetep ga berhasil sodara-sodara.

Pelabuhan Merak

masih tidur didalam mobil meski sudah masuk di kapal fery
Zaff sudah bangun dan kaget liat lautt
Mana kapalnya Zaff?

deretan mobil parkir di kapal ferry

mendarat di Pelabuhan Bakauheni Lampung

Day 2 : Sabtu, 3 September 2013

Setelah berhasil melalui pelabuhan Merak dengan perjuangan akhirnya mendarat juga di pelabuhan Bakauheni Lampung. Alhamdulillah hari Sabtu sampai juga sekitar pukul 09.00. Atas arahan temen suami juga kita sarapan dulu di RM Mandailing sekitar setengah jam dari Pelabuhan Bakauheni. Dari judulnya udah ketahuan ni pasti menyajikan makanan khas dengan sayur daun singkong tumbuk dan ikan sale asap. Yasudlah pasti misua seneng banget. Heheheh. Dan sang istripun ikut menikmati. Ga cuma ortunya, Zaff kudu disuapin dulu lah yaow. Teeeetttaaappiii kenapa ni bocah. Tiba-tiba misua lihat Zaff ko pucet gtu sih. Eehhh beneran muntahhh lho. Hadehh, puyeng kalo begini mah. Feeling sih dia masuk angin. Resiko ya kalo perjalanan gini. Hiks. Kasiannn. Pantes sarapan dia ga begitu semangat disuapin. Yawes disuapin beberapa suapan lagi setelah dikasih teh manis anget. Alhamdulillah masuk, beres lah.

Lanjut deh perjalanan kita menuju Sidempuan. Dan ketahuan ternyata Lampung itu luasnya kebangetan. Masa dari Lampung menuju perbatasan Sumsel aja bisa seharian lho. Hadeehhhh. Membosankan ya bok. Ditambah Zaff mual muntah juga. Perfect banget. Ga sempet futu-futu deh. Dan sampai malampun keknya emang kita kudu inep dulu deh ini. Ga yakin juga nerusin perjalanan selain dari pelabuhan merak itu kita berasa udah kehabisan energi deh. Terus disepanjang perjalan Zaff masih ga fit bodynya, pantes agak rewel, otomatis sering berhenti kan. Huhuhuhu.

Kalo mau tanya inepnya dimana? Hohoho. Maaf ya ga recommend deh, dan sumpah kita udah lupa nama hotelnya. Yaa kita inep berhubung selain menghindari sampai Lahat dimana dilarang melakukan perjalan malam, terus kondisi badan udah ga bagus, hujan, Zaff udh kecapekan, so melihat hotel2 pun di malam hari bisa ditebak kan? Ga afdol lah. Jadi ya seada-adanya lah. Yang penting ada kasur dan air. Meskiii itu air udh ga pantes. Hikss.. Meranaaa cyn. Ga tega pokoe kalo buat mandi. Hadehh. Tapi alhamdulillah.

Day 3 : Minggu, 4 September 2013

Di pagi harinya hari Minggu kita check out. Dan kita ga puasa hari itu. Xixixixix. Maaf Ya Alloh. Kondisi nya udah drop. Ternyata tinggal kita kali ya yang berangkat agak siangan. Terbukti yang tadi malam ternyata banyak pemudik yang pada inep sekarang udah sepi. Kita doang yang terakhir check out. Hahaha. Rencana habis shubuh check out, tapi apa daya kondisi badan udah remuk. Untung aja kita ada sopir ya cyn. Sebelumnya kita cari masjid buat MCK. Ya tau sendiri dihotel kan airnya parah. Ketemu masjid yang lumayan akhirnya mampir. Sekalian sarapan ringan lah. Alhamdulillah setok cup-cup mie instan masih aman, full tank. Hehehe, ini mah anadalan banget kalo diperjalanan. Lumayan perut aman walau ga nendang sih sebenere. Hahahah. Udah kelar sekitar jam 8, lanjut lagi perjalanan.
Sepanjang perjalanan ini pemandangannya tak lain memang indah sangat, tapi kan tau sayanya udah keder lihat Zaff yang masuk angin so ga ada tuh futu-futunya. Sayang emang. Tapi tetep indahnya pemandangan Pulau Sumatra ga bisa dilupain. Tsaaahhh... Dan alhamdulillah selama diperjalanan, jalan yang kita lalui semuanya sudah bagus mulus dan rapi. Begitupun Zaff. Cukup distelin Shaun The Sheep aja sudah cukup anteng buat dia dan nyaman. Gak papa deh Zaff mau diputer berapa kalipun. Xixixixi. Seneng emang ama jalanannanya. Sudah lebar, bersih, rapi pokoe. Dan yang pasti ga ada macet. Xixixix. Emangnya pantura ya. Giling macetnye aje gile. Nah bedanya disitu. Kalau Sumatra ga ada macet sama sekali, tapi ya itu jauh mak. Nah jalan juga sudah mulai lebar, tapi ya itu berkelok-kelok dan naik turun bukit gitu. Seru lah. Nah kalo pantura sebenere kan deket ya kalo ke Semarang, tapi yaitu perjuangan perbatasan Cirebon Tegal yang bikin pusing kepala. Ya ngantri cikampek terus disambut macet. Ditambah jalan-jalan sudah banyak berlubang. Semrawut. Xixixixi. Hari ini diputuskan untuk tidak pakai acara inap-inapan. Ya palingan istirahat di warung-warung kopi. So lanjut terus sampai Solok Sumbar. Kebetulan kami lewat Danau Singkarak. Namun karena kita sampainya pagi hari ya ga bisa lihat apa-apa lah. Huhuuh. Sangat disayang kan. Hiks. Udah kebayang pemandangannya kayak apa.

Day 4 : Senin, 5 September 2013

Dan alhamdulillah Senin pagi subuh sudah sampai di Sumbar. Tepatnya di Solok-Bukittinggi. Dan saya dan suami memutuskan untuk puasa lagi. Hehehe. Mampir ke Rumah makan Padang, ya iyalah. Hahahah. Stelah bolong satu hari. Nah kalo sudah sampai Sumbar tepatnya di Bukittinggi, rumah mertua tinggal beberapa jam sebenarnya tapi karena badan udah lelah dan capek so ya diperkirakan sampai maghrib. Alhamdulillah. Dan perjalanan yang berkelokpun dimulai dari sini. Jadi medan jalur darat sebelum Sumbar, kami akui sudah bagus banget malah. Lebar, rapi. Namun begitu masuk ke Sumbar sampai Sidempuan Sumut, walah itu jalanan mulai berkelok. Mulai lagi deh Zaff muntahnya. Huhuhu. Kasian. Bisa dibayangkan sampai Sidempuan akan menyuci berapa ember nih. Hahaha. Yang pasti baju Zaff sudah banyak dikorbankan akibat muntahannya. Kasian kau Zaff. Jadi jalanan Sumbar ini sudah berkelok kelok, dan mulai mengecil. Jadi harus extra hati-hati. Coz beberapa kalipun kami sempet terseok begitu kelok dari arah berlawanan muncul bis besar. Haduh ngeri. Bedanya cuma tipis banget jalannya. Pokoe kalo ga pinter2 bisa bablas. Mending bablasnya masih datar, kalo jurang? Wasalam deh.

Dan lagi sopir kali ini adalah sodara temen suami yang memang dari Lampung kita sudah konvoi-an. Kebetulan sopir pertama kami sudah turun di Solok Bukittinggi. So temen suami menawarkan jadi sopir, dan gratis pulak. Hahahah. Soale yang pertama kan kita kaasih upah. Heheheh. Oia, di Bukittinggi ini ternyata stok bensin kami sudah mepet banget. Temen suami menyarankan beli saja di Bukittinggi sini, soalnya arah ke Sidempuan sudah mulai jarang Pom Bensin. Alamakkk...matek iki. Dan ternyatah Bukittinggi ini susah juga stok premiumnya. Waduhh. Dan jarang yang buka 24 jam. Onde mandeh, niat jualan kagak sih. Ga tau apa ya musim lebaran gini bukannya buka 24 jam. Hiks. Jadi udah puter kesana kemarih pun susah bener pada belum buka. Akhirnya terpaksa menunggu kurang lebih sampai jam 6 baru beberapa pom sudah mulai membuka. Hadehh.. Payah ah. Alhamdulillah tangki bensin sudah penuh akhirnya lanjut lagi perjalanan kami. Hiks, terkagum kagum lagi ama pemandangan Sumatra. Ya kali, ya klapa sawit, sawah, pegunungan, bukit-bukit. Sumpahh kewerennn. Subhanalloh. Sayang nampak beberapa juga ada yang penebangan pohon, pembakaran hutan terlihat dari sisa-sia kebakarannya. Sedih. Sayang banget. Kalo jalanan banyak yang masih berlubang dan rusak perbatasan Sumbar-Sumut. Semoga kemudian hari lebih baik ya Pak Gub. Heheheh.

Untuk hari ke empat ini jalanan nya memang bikin saya pusing dan mual. Palagi Zaff ya. Bagus sih pemandangan, tapi jalanan kelok-kelok. Ga tahan. Itu berlangsung sampai jam 3 sore. Karena alhamdulillah sore itu kita sampai di Panyabungan. Dimana sopirnya yang tak lain temen sendiri harus turun karena kampungnya di Panyabungan. So kali ini mau ga mau misua bertindak sebagai sopir. Tapi alhamdulillah dari Panyabungan jalanan sudah aman. Ga berkelok lagi. Tinggal 2 jam lagi sampai Sidempuan. Sukur alhamdulillah jam 5 sore kita sudah sampai di Sidempuan. Bahagiaaa banget sudah sampai rumah. Sumpahhh lega. Lega pegelnya, capeknya, semua-muanyahhhh.... HOREEEHHHHH.... Dan alhamdulilah selama ayahnya sopir, Zaff tenang bobok tepar critanya. Tau kali ya yang nyupir Ayahnya. Hehehehe.

Hebatt Yah, nyupir juga... Xixixix
Zaff teparrrr

Tau aja kalo udah di Sidempuan... bangun ya Zaff... Horeee... Opunggg!!!!

-----------------------------------------
Berikut futu-futu road come back to Jakarta :
Dari gambar saja bercerita.. xixixixixi

Alhamdulillah perjalanan ini kami mengucapkan syukur-syukur alhamdulilah banget. Dijalanan cukup aman dan stabil. Meski awal2 saya sangat was-was banget. Secara baru kali ini kita perjalanan darat ya bok. Yang pasti pengalaman seru dan heboh. Dan menantang pastinya. So gimana next year? Allahu Akbar deh pokoe. Xixixixi